Benarkah Anak Sulung Lebih Cerdas Dari Adik-adiknya? Inilah Hasil Risetnya!

Banyak yang beranggapan apabila anak yang lahir pertama lebih cerdas dan lebih pintar dari adik-adiknya.  Namun, sampai saat ini tidak ada yang membuktikan apakah hal ini benar atau hanya sekedar mitos belaka. 


 
Nah, ilmuwan dari Universitas Leipzig, Jerman, baru saja melakukan penelitian yang menguatkan kebenaran mitos tersebut.

Seperti yang dilansir di Daily Mail, Penelitian yang melibatkan tes IQ dan kepribadian dari 20.000 orang itu membuktikan bila anak sulung dalam keluarga cenderung lebih 'encer otaknya' dan masing-masing saudara setelahnya sedikit berkurang kecerdasannya.

Tidak hanya itu, saudara termuda biasanya berpikir diri mereka kurang cerdas daripada saudara yang lebih tua.

Akan tetapi bagi Anda yang bukan anak sulung jangan terlalu khawatir, sebab hasil tes IQ memperlihatkan bila tingkat IQ hanya akan berkurang 1,5 poin dari anak pertama ke anak kedua, dan seterusnya.

Hal ini juga lah yang disebut menjadi alasan mengapa anak pertama biasanya lebih sukses dalam hidup.

Pertanyaannya, mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah anak sulung lahir dengan 'berkah' khusus? Jawabannya adalah tidak.

Meski belum yakin seratus persen mengapa kebanyakan anak sulung lebih cerdas dari adik-adiknya, ilmuwan Universitas Leipzig percaya bila kecerdasan itu adalah hasil dari didikan dan perhatian orang tua yang lebih 'terfokus'.

Berbeda dengan anak kedua dan seterusnya yang mendapat perhatian dengan porsi lebih sedikit, mengingat orang tua akan mulai membagi-bagi perhatiannya.

Alasan kedua mengapa anak pertama lebih cerdas terletak pada kewajiban untuk mendidik adik-adik mereka.

Saat anak pertama tumbuh, secara naluriah mereka akan menjadi guru adik mereka, membantu menjelaskan hal-hal di dunia ini.

"Mengajari orang lain membutuhkan kecerdasan tinggi anak-anak sulung perlu mengingat pengetahuan mereka terlebih dulu, lalu membangunnya ulang sembari memikirkan cara terbaik untuk menjelaskan kepada adik-adik.

Hal ini secara berkelanjutan meningkatkan intelejensi anak sulung," lanjut Dr. Rohrer.

Perlu diketahui bila hasil penelitian, di sebuah keluarga dengan dua anak, peluang anak sulung lebih pintar dari adik mereka tercatat 60 persen.

Nah, bagi kalian yang anak sulung jangan berbangga ya.. Belum tentu kamu lebih pintar dari adikmu, lebih baik memberi ajaran serta semangat bagi adik-adiknya. Semoga bermanfaat.

loading...
Top