Begini Cara Jitu Agar Tanaman di Pot Berbuah Lebat !!!



Rasanya seneng saat melihat tanaman yang kita tanam berbuah, apalagi buahnya lebat, dan pula tabulampot (tanaman buah dalam pot). Wah tambah seger aja rasanya.

Sebenarnya banyak cara dan trik sederhana untuk membuat tanaman buah dalam pot cepat berbuah. Cara yang paling sederhana agar tanaman pot tersebut berbuah adalah dengan cara melakukan stres air pada tanaman tersebut.

Stres air untuk merangsang agar tanaman pot cepat berbuah lebat cara sangat mudah. Yang perlu kita lakukan adalah dengan cara jangan melakukan penyiraman dengan waktu tertentu. Sebagai contoh, lakukan penyiraman pada tanaman pot tersebut supaya tanaman tersebut tidak mati saja. Bisa 10 hari sekali atau bahkan kita siram 1 bulan sekali saja.

Cara cepat membuat tanaman pot berbuah lebat, lakukan stes air ini selama 3 bulan saja, selanjutnya setelah 3 bulan lakukan penyiraman normal seperti semula, yaitu setiap pagi dan sore hari. Tak bakalan lama tanaman buah tersebut akan berbunga dengan lebat, lalu selanjutnya berbuah.

Baca Juga : Banyak Yang Tak Tahu, Manfaat Daun Ini Sangat Ampuh Atasi Demam, Batuk dan Penyubur Rambut. Ini Caranya

Selain itu, lakukan pemupukan dengan menggunakan Pupuk NPk dengan takaran satu sendok makan di tabur secara merata untuk menyuburkan daun dan membesarkan batang.

Biasanya tak lama setelah kita melakukan stres air pada tanaman buah dalam pot ini, hanya di butuhkan waktu 1 sampai 2 bulan saja, bibit tanaman tersebut akan langsung berbunga lebat.

Trik ini banyak digunakan para penjual bibit tanaman buah dalam pot di pasaran. Umumnya orang akan langsung tertarik untuk membeli bibit tanaman buah tersebut apalagi jika sudah menghasilkan buah. Dan harga yang ditawarkan tentu akan semakin mahal.

Ada juga para penjual tanaman buah yang bibitnya berasal dari sambungan mata tempel atau yang biasa di sebut Okulasi. Cara okulasi bibit dalam pot di lakukan pada induk tanaman yang sehat dan unggul agar bibit yang di hasilkan juga berkualitas. Ini semua untuk mendongkrak daya jual tanaman tersebut.

Namun ada juga yang menggunakan bibit cabutan yang segaja di benih oleh para petani. Untuk nilai jual bibit cabutan yang di tanaman dalam sebuah polybag, ukuran 3 sampai 40 Cm di jual dengan harga 10 sampai 50 ribu rupiah.

Kita sendiri juga bisa menghasilkan bibit tanaman dalam pot yang unggul dengan cara melakukan penyetekan atau okulasi dan melalui sistem cangkok agar tanaman tersebut cepat berbuah lebat.

Intinya lakukan perawatan secara rutin, jangan lupa untuk menyiram dan melakukan pemupukan secara teratur agar tanaman buah dalam pot tersebut cepat berbuah. Kalau perlu lakukan stres air seperti langkah diatas untuk merangsang daya tumbuh bunganya. Selamat mencoba, semoga tanaman buahnya sukses.
Top