BAHAYA, Bakteri Keyboard Komputermu 5 Kali Lebih Berbahaya dari Bakteri di Toilet, Jadi Begini Solusinya



Kamu yang sehari-hari berkutat dengan komputer dan laptop, apakah yakin keyboardmu bersih? Bersih mungkin kelihatanya, tapi kalo steril itu belum tentu.

Nah, sebenarnya ada apa saja sih yang tersembunyi dari keyboard kamu yang terlihat bersih tersebut?

Jika kamu cermati, sebenarnya keyboard yang selama ini digunakan menyimpan banyak sekali bakteri dan debu yang menempel, baik itu di permukaannya hingga ke sela-sela tombol yang sulit dijangkau. Hal yang lebih mengejutkannya lagi adalah menurut penelitian, di dalam 1 inci persegi keyboard kamu, terdapat 3000 organisme yang hidup di atasnya!

Tidak sampai di situ, ilmuwan dari Inggris menguji 33 keyboard yang sudah digunakan. Hasilnya adalah 4 keyboard memiliki ancaman kesehatan yang serius, dan 1 keyboard punya bakteri yang lima kali lebih banyak dibandingkan dengan dudukan toilet. Wah, terdengar mengerikan seperti itu ya?

Baca Juga : Jika Kamu Jadi Korban Peretasan di BBM, Cepat Lakukan 3 Langkah Ini

Hiii.. lalu apakah penelitian ini sudah membuat bulu kuduk kamu berdiri? Masih ada lagi. Mau tahu seberapa kotor keyboardmu yang kamu gunakan sehari-hari? Caranya pun dapat kamu implementasikan langsung. Ini dia langkah untuk mengetahui seberapa kotor keyboard yang kamu miliki.

Dikutip dari jalantikus, begini caranya, coba nyalakan kamera dari smartphone kamu. Kemudian apabila tersedia Flash, nyalakan pula fitur Flash-nya. Foto secara dekat keyboard yang kamu miliki, terutama ambil sudut-sudut kecil seperti sela-sela tombol.

Hasilnya dapat kamu lihat langsung melalui hasil foto yang diambil.





Waow,,,bisa seserem itu ya? Kalo nggak percaya, udah foto keyboardmu belum? Jangan lupa pakai flash ya!

Buset kotor banget ya. Lalu apakah ada cara mudah dan murah untuk membersihkannya? Tentu saja ada. Untuk itu, ini dia cara untuk membersihkan keyboard secara tuntas.

Cara Membersihkan Keyboard Komputer Hingga Bersih
Pertama, kamu bisa menggunakan barang-barang kebersihan yang mudah dijumpai di rumah. Salah satunya adalah cotton bud. Ujung dari cotton bud ini terbukti cukup ampuh untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard. Akan tetapi ia kurang ampuh apabila berjumpa dengan keyboard dengan sela-sela yang sempit.



Jika cotton bud kamu nilai kurang ampuh, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi. Berbeda dengan cotton bud, sikat gigi lebih cocok untuk membersihkan permukaan dari tombol yang sudah mulai kotor dan kotorannya sudah mulai sulit untuk dibersihkan menggunakan cotton bud. Namun jangan berharap banyak ya jika kamu ingin membersihkan sela-sela keyboard apabila menggunakan perkakas ini.

Baca Juga : Kenapa Banyak Cewek yang Rela Umbar Aurat di Bigo Live, Ternyata Ini Alasannya



Masuk ke perangkat yang lebih khusus. Kamu bisa menggunakan gel pembersih yang dibuat khusus untuk membersihkan keyboard. Gel tersebut berbentuk seperti jelly yang bisa berubah bentuk, sesuai dengan kontur tombol keyboard. Cukup menempelkannya di atas keyboard dan debu-debu yang ada akan menempel ke gel tersebut. Harganya juga murah kok, harga dari gel ini berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja. (Mengenai gel ini, banyak tutorial slime, namun bila ribet tinggal beli aja)



Nah cara terakhir ini bisa paling dianggap praktis, di pasaran telah banyak vacuum cleaner kecil yang dirancang khusus untuk membersihkan keyboard. Cukup cari saja di Google dengan keyword "keyboard vacuum cleaner", maka ada banyak penjual yang menawarkan alat tersebut, tidak terlalu mahal juga kok, 30 ribu sudah dapat. Tinggal colok melalui port USB dari komputer atau laptop kamu.



Bagaimana, cukup mudah dan murah bukan? Saran bersihkan keyboardmu dengan teratur, karena kamu tahu, dari penelitian diatas, bahwa keyboard yang telah dipakai, mempunyai bakteri yang berbahaya. Kalau kamu ada cara lain yang biasa kamu lakukan untuk bersihkan keyboard kamu, jangan sungkan buat share di kolom komentar.
Top