Bagian Kulit Paling Sensitif Saat PMS, Ketahui Cara Perawatannya!

Banyak yang berubah ketika PMS atau PreMenstrual Syndrome melanda. Bukan hanya mood dan Emosi saja, tapi kondisi kulit juga ikut berubah akibat aktivitas hormone di tubuh kita.



BACA JUGA: Pantas Saja Masih Awet Muda, Ternyata Jang Geum (Lee Young-ae) Gunakan Bahan Ini

Sebagian wanita tidak tahu mengenai  hal ini sehingga mereka membiarkannya, tapi itu adalah tindakan yang salah. Inilah beberapa bagian kulit yang akan ikut berubah ketika PMS tiba lengkap dengan cara merawatnya, Seperti yang dikutip dari merdeka.

Selalu gunakan Produk pembersih non-comedogenic dan anti jerawat



Rajin-rajinlah membersihkan wajah dan tubuh ketika PMS melanda karena kulit mudah sekali terkena jerawat. Selain itu jangan pakai makeup terlalu sering agar pori-pori tidak tertutup. Penurunan estrogen yang diiringi dengan lonjakan progesteron dan testosteron sekitar seminggu sebelum haid menyebabkan pori-pori cenderung tersumbat terutama dibagian rahang dan dagu Untuk itu selalu gunakan produk pembersih anti jerawat ya..

Hindari Percobaan kosmetik baru



Karena sedang dalam titik terendah, kulit juga mengalami kondisi paling sensitif pada fase pra-menstruasi. Wajah mungkin jadi lebih rentan terhadap bahan aktif dalam produk perawatan atau kosmetik. Karena itulah, pada fase pra-menstruasi sangat tidak disarankan mengganti produk perawatan kecantikan atau makeup. Cobalah kosmetik baru setelah haid selsai dan selalu gunakan kosmetik andalanmu.

Perlindungan tabir surya



Tabir surya atau sunscreen merupakan perawatan wajib bagi segala jenis kulit sepanjang tahun. Kebutuhan kulitmu akan tabir surya semakin meningkat saat fase pra-menstruasi. Seperti disebutkan sebelumnya, kulit sedang berada dalam kondisi paling sensitif. Jadi paparan sinar ultra violet dan polusi akan memberikan dampak yang lebih besar daripada fase ovulasi, menstruasi, dan pasca menstruasi.

Konsumsi makanan Kaya Magnesium



Pada masa pra-menstruasi, tak jarang kulit mengalami pembengkakan atau inflamasi. Kulit wajah, terutama area sekitar mata jadi terlihat lebih sembab. Hal ini terjadi karena penumpukan cairan di bawah jaringan kulit.

Untuk menghindarinya, konsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang, biji-bijian, alpukat dan bayam.

Percantik kulit dengan makanan kaya Vitamin A



Selain kesehatan mata, mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A saat masa pra-menstruasi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang muncul saat tingkat estrogen sedang rendah dan progesteron memuncak. Vitamin A bisa ditemui pada buah atau sayur yang berwarna merah atau oren.

Bagaimana? Gak sulit kan merawat kulit saat PMS. Dengan melakukan itu setiap PMS tiba, dijamin kulitmu akan tetap cantik dan sehat.

loading...
Top