5 Tips Menabung Buat Anda Punya Uang Gaji Rp 1,5 Juta Per Bulan

Menabung terkadang bisa menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Apalagi uang dalam kantong pas-pasan hanya untuk pengeluaran sehari-hari. Namun demikian, menabung bukanlah yang mustahil.

Banyaknya kebutuhan yang harus terpenuhi dan minimnya uang saku sering dijadikan alasan utama untuk malas menabung. Padahal, buat Anda yang punya uang saku Rp 1,5 juta per bulan-pun masih bisa menabung jika mau berusaha.

Jangan Lewatkan: Menakjubkan..!! Jarang Terjadi Ini Dia Pria Pertama Di Dunia Yang Bisa Hamil Dan Melahirkan

Berikut tips menabung buat Anda yang punya uang Rp 1,5 juta per bulan seperti ditulis hipwee.

1. Buat Rekening Terpisah


Membuat dua jenis rekening berbeda bank merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan jika benar-benar ingin menabung. Dengan begini, Anda juga akan terbantu untuk mengelola keuangan tiap bulan. Buatlah rekening tanpa kartu atm sebagai rekening tabungan, sementara rekening dari bank yang satunya untuk kebutuhan bulanan.

Ketika menerima kiriman dari orangtua atau menerima gaji, segera pisahkan uang yang ada. Masukkan 25-30 persen uang tersebut ke dalam rekening tabungan.

Dengan begini Anda akan terbiasa untuk mengutamakan menabung, bukan hanya menabung jika ada uang sisa saja.

2. Susun Anggaran Tiap Awal Minggu


Setelah memisahkan uang yang Anda terima, wajib hukumnya untuk merinci dan membuat anggaran di awal minggu. Anggaran ini berisi rincian kebutuhan pokok yang harus Anda keluarkan selama satu minggu ke depan.

Dengan berpegang pada catatan yang Anda buat sendiri, Anda akan terhindar dari keborosan.

3. Masukan Uang Receh Dalam Tabungan


Menabung tak hanya terpaku dengan memisahkan uang saku di dua rekening tiap awal bulan. Anda pun bisa melakukannya ketika menemukan uang receh maupun pecahan Rp 5.000 yang ada di kantong celana maupun dompet. Masukkan ke dalam toples bening yang tidak mudah terbuka.

Toples bening berfungsi supaya Anda bisa melihat seberapa banyak uang yang Anda kumpulkan dan merasa termotivasi karenanya. Setelah beberapa bulan terkumpul, Anda bisa menyetorkannya ke dalam rekening tabungan yang sudah ada sebelumnya.


4.Jangan Sering Ke Minimarket


Sering-sering mampir ke minimarket haram hukumnya untuk orang yang sedang berjuang menabung. Bisa dipastikan Anda akan tergoda untuk membeli karena lapar mata. Untuk mengantisipasi supaya Anda tak mampir ke minimarket demi membeli satu dua barang, lebih bijak jika Anda meluangkan waktu satu kali dalam satu bulan untuk berbelanja di supermarket.

Sebelum berbelanja, catat juga barang yang benar-benar Anda butuhkan. Berpeganglah pada list yang Anda buat, sehingga nantinya Anda tak akan membelanjakan uang untuk barang yang tak terlalu perlu.


5. Pegang Teguh Motivasi


Keinginan untuk jajan pasti ada, Anda merasa ingin menyerah dan tak sanggup lagi untuk selalu berpegang pada list maupun aturan menabung yang Anda buat sendiri. Tiap kali keinginan ini datang, jangan menyerah. Dengungkan lagi motivasi serta visi misi Anda kenapa Anda harus menabung mulai dari sekarang.

Anda harus ingat masa depan tergantung di tangan Anda sendiri. Uang yang Anda kumpulkan tentu akan sangat membantu ketika nantinya anda membutuhkan uang saat kondisi mendadak.        

loading...
Top