3 Cara Bertahan Hidup Di Tanggal Tua

Yang namanya tanggal pasti akan selalu berjalan dan berganti, ada kalanya tanggal muda dan ada juga masa-masa sulit yakni tanggal tua. Bagi sebagian orang tanggal, tanggal tua menjadi suatu hal yang menakutkan.



Disaat tanggal tua, uang habis, dan tidak punya tabungan sedikitpun, sebagian orang pasti sudah berputus asa dan memilih untuk berhutang . Tapi sebenarnya tindakan tersebut salah, Inilah 3 cara untuk bertahan hidup ketika tanggal tua tiba dikutip dari okezone.

1. Gunakan Uang Sembunyi



Pernahkan kamu menyembunyikan beberapa lembar uang kertas di tempat di tempat tak terduga seperti di bagian terdalam laci lemari atau di bawah kasur? Jika iya, ambil segera uang Sembunyi kamu dan gunakan untuk bertahan hidup beberapa hari sampai mendapat pemasukan lagi.

2. Di Budget



Cara berikutnya adalah menghitung pengeluaran ke depan dan potong semua yang tidak diperlukan. Ini penting agar kamu benar-benar hanya mengeluarkan uang untuk pengeluaran yang benar-benar tidak bisa ditunda lagi.

Coba juga lakukan negosiasi untuk biaya rutin. Misalnya kalau kamu ngekos, coba negosiasi dengan pemilik kos mengenai kondisi kamu dan berikan tenggat waktu yang wajar untuk kamu penuhi pembayarannya. Kalau punya kartu kredit, manfaatkan fitur diskon atau cashback supaya nilai transaksi kamu lebih ringan.

3. Gadaikan Barang

 

Kamu bisa datang ke pegadaian lalu gadaikan beberapa barang yang cukup berharga untuk mendapatkan uang tunai secepatnya. Ini berguna kalau kamu tidak punya tabungan lagi.

Dibandingkan dengan berhutang ke lintah darat dan bunganya tinggi, menggadaikan barang masih termasuk ke dalam cara yang cukup aman untuk bertahan.

Nah guys.. Tak sulit kan. Jangan berputus asa dulu jika tidak memiliki dana sepeserpun gunakan saja tips diatas. Semoga bermanfaat
loading...
Top