15 Tanaman Hias Sehat Pembersih Udara Ruangan

Tanaman Hias Anti Racun Murah Penghisap Racun Udara. Beberapa tanaman hias ternyata tak hanya mempercantik interior maupun eksterior rumah dan cantik dipandang. Tetapi mereka juga punya manfaat sehat bagi manusia. Beberapa tanaman hias indoor ini membantu membersihkan udara di dalam rumah, sehingga sehat dan segar untuk Anda hirup kembali.



Tanaman hias biasanya ada di taman rumah namun tak ada salahnya berada dalam ruangan. Selain mempercantik, untuk tanaman yang tepat juga bisa digunakan untuk terapi dan kesehatan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah media tanam, peletakan, perawatan, pencahayaan, dan lainnya.

Berikut ini daftar tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kita, disamping menghias rumah juga bisa jadi anti polutan (menyerap udara yang beracun/berpolusi menjadi segar kembali).

1.Lidah Mertua atau Sanseviera


Disebut juga sebagai tanaman lidah mertua. Tanaman hias yang satu ini bisa ditanam di area luar ruangan. Memiliki daun yang keras, tegak dan ujungnya meruncing. Dapat digunakan untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir serta kanker ganas. Namun, uniknya lagi ia ampuh menyerap polusi dan racun, sehingga cocok diletakkan di dalam pot dan disimpan di dalam ruangan.
Tanaman ini mempunya kemampuan mengubah CO2 menjadi oksigen dengan baik di malam hari. Selain itu, tanaman ini juga membersihkan metanal di udara. Pastikan ada sinar matahari untuk tanaman cantik ini.

2.Suplir



Tanaman ini pun cocok untuk interior, namun perawatannya agak repot, yaitu harus dikeluarkan 3 hari sekali untuk mendapat sinar matahari dan potong tangkai kering.

3.Bunga Aster Garbera



Ya, bunga aster garbera! Bunga ini cocok untuk Anda yang insomnia atau bagi yang punya gangguan pernafasan jika tidur, karena kemampuannya menghasilkan oksigen sangat banyak dan dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak.

4.Palem Kuning

 
Palem kuning punya nama latin Chrysalidocarpus. Batang dan dahannya cenderung berwarna kekuningan, terutama bila terkena sinar matahari yang cukup. Berkembang biak dengan biji dan tingginya bisa sampai 4 meter apabila ditanam di luar pot.

Namun, Anda bisa menanamnya di sebuah pot dan meletakkannya di dalam ruangan. Fungsinya sebagai pembersih udara alami, dan menghilangkan formaldehida, benzena, serta karbondioksida. Sangat baik ditanam untuk menyerap racun dari asap rokok.

5.Anthurium bunga



Anthurium bunga merupakan tanaman indoor yang menarik dan exotis pada saat bunganya mekar, tetapi bukan hanya kecantikan tampilan tanaman ini saja, tanaman ini juga sangat berfungsi, daun gelapnya efektif berfungsi menyedot zat amonia, formaldehida, toluena dan xilena, sehingga  sangat bijak bila kita pasang di area tempat kerja di perkantoran terutama di sekitar mesin fotokopi, printer atau perekat.

6.Bunga Peace Lily

 
Bunga yang satu ini umumnya berwarna merah dan putih. Daunnya panjang dan berwarna gelap. Karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari, maka ia cocok diletakkan di dalam ruangan.

Bunga ini doyan air dan dapat menyerap polusi di dalam rumah. Lebih baik diletakkan agak jauh dari area yang terkena matahari atau jendela, sehingga usianya dapat lebih lama.

7.Pakis Boston


Atau disebut juga pakis pedang adalah tanaman yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Asalnya sebenarnya dari Amerika, Meksiko, India barat, dan Afrika, namun kemudian tanaman ini diperkenalkan dan dibawa ke Indonesia.

Tanaman yang tidak tahan panas dan bisa menyimpan asupan air yang cukup banyak ini biasa ditanam langsung di tanah, di dalam pot atau juga digantung. Ia dapat menyerap polusi udara dan membersihkan udara di dalam ruangan Anda.

8.Sirih Belanda

 
Sirih Belanda juga dikenal dengan nama Devil's Ivy, sebuah tanaman hias yang biasanya diletakkan di dalam pot. Ia adalah termasuk tanaman monokotil dan doyan air. Tanaman ini dapat menyerap aneka racun dan polusi di dalam ruangan, dan cocok diletakkan untuk Anda yang doyan merokok di rumah.

9.English Ivy


Warnanya beragam jenis, tanaman ini tumbuh merambat serta dapat bersihkan hawa yang berbentuk formaldehida. tanaman ini berbentuk superversatile yakni dapat tumbuh pada banyak media layaknya digantung, ditanah atau sebagai topiary. perawatannya juga cukup gampang, cukup menyiramnnya sedikit tiap-tiap hari.

10.Palem Bambu


Tanaman ini terhitung yang cukup gampang untuk perawatannya. palem bambu cuma perlu sinar matahari segera sebagian jam saja serta air dengan teratur tiap-tiap hari.

11.Lady Palm


Lady palm dapat bersihkan hawa berbahan kimia terhitung amoniak. tahan erhadap serangga hingga gampang dirawat, cuma saja anda mesti lakukan pemotongan pada ujung daun yang beralih jadi coklat disebabkan penumpukan garam serta mineral.

12.Walisongo atau Schefflera


Walisongo atau Schefflera mudah dikenali karena mereka  mengkilap, tampak kokoh daun oval yang hampir terlihat nyata karena seperti disinari cahaya lilin  . Mereka benar-benar kuat dan tahan lama, menjaga daun bebas debu. Selain tampak hebat, mereka juga dikenal untuk menyerap racun jahat seperti benzena, formaldehida dan toluena, sangat baik di baik sebagai penetralisir udara pada area perokok.

13.Andong atau Massangeana Cane

 
Massangeana mungkin sulit untuk mengucapkan tapi mudah untuk mencintai.Tanaman yang dikenal dengan nama Andong ini sudah akrap sekali dengan masyarakat Indonesia, banyak digunakan sebagai tanaman pagar.
Berasal dari Afrika, memiliki tampilan liar yang membuatnya ideal untuk dekorasi rumah/ kantor sebagai tanaman Indoor, dan juga menetrlisir zat formaldehid dari udara

14.Dendrobiumdan Phaeleonopsis/ Anggrek bulan



Anggrek dikenal sebagai tanaman yang rewel dan sulit untuk tumbuh . setelah kita perhatikan atas prilaku para pencinta bunga anggrek malah sebaliknya, justru dengan banyak penyiraman dan penyinaran matahari mereka berfikir akan memberi perawatan yang baik, walaupun itu malah justru sebaliknya, yaitu dapat mematikan tanaman anggrek itu sendiri.
Anggrek dapat berfungsi membersihkan udara dari xilena, polutan yang ditemukan di banyak lem dan cat sehingga mereka membuat susana yang mendukung kepada yang baru pindah rumah atau ruang baru direnovasi. Tidak seperti beberapa tanaman lain, anggrek juga bernafas dan mengeluarkan oksigen di malam hari - sehingga mereka bisa hidup besar di kamar tidur.

15.Karet Hias


Di antara jenis tanaman hias di atas yang sangat ampuh untuk menangani formalin serta mentoleril temperatur lebih dingin serta sinar rendah yaitu jenis tanaman hias karet hias. perawatannya cuma dengan menyiramnya saja. jenis tanaman hias di atas pantas ada dirumah anda mengingat banyaknya zat kimia yang banyak beredar di sekitar rumah anda. terlebih bila anda banyak anak-anak dirumah tentunya kesehatannya mesti dijaga semaksimal mungkin.

Sekian update informasi kali ini seputar 15 Tanaman Hias yang Cocok dan Sehat Pembersih Udara Ruangan. Tanaman-tanaman tadi mudah kok ditemukan di sekeliling Anda dan umumnya harganya cenderung murah. Dapat dengan mudah dibeli di pasar bunga dengan harga terjangkau. Tanaman hias sehat dan cantik diatas membuat interior ruangan jadi tambah lengkap dan indah. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam.
Top