PENTING, 5 Hal Ini Paling Diingat Anak Tentang Orangtua Mereka

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 19 Jun 2016

PENTING, 5 Hal Ini Paling Diingat Anak Tentang Orangtua Mereka
Anak itu seperti spon yang dapat meresapi apa saja di dekatnya
Setiap anak  tentu punya talenta tersendiri, tinggal bagaimana orang tua menggali bakat dan talenta yang ada pada anaknya. Tentunya bakat dan talentanya semakin terlihat jika anak di didik dengan pola asuh yang tepat.

Anak itu seperti spons yang akan menyerap apa saja yang ia lihat dan rasakan dari orangtuanya. Semua perlakuan dan tindakan orangtua akan mempengaruhi tumbuh kembang dan psikologinya bahkan hingga dewasa.

Kasih sayang, nilai agama, dan teladan, merupakan tiga hal yang selalu dijabarkan banyak psikolog untuk membangun keluarga yang hangat dan penuh cinta. Jika tidak percaya, coba simak uraian berikut yang dilansir dari sayangianak.com yang merincikan lima hal paling diingat anak dari orangtua mereka, berikut ini:

Baca Juga : 2 Cara Mudah, Redam Emosi Negatif Saat Hamil!

1. Cara orangtua mereka melindungi dan meredakan rasa takut

Saat anak merasa bersedih, ketakutan, atau emosional mereka akan ingat bagaimana cara orangtua mereka melindungi dan meredakan rasa takut tersebut.

2.Ingat masa-masa menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tuanya

Anak-anak akan selalu mengingat masa-masa menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tuanya. Selain itu, mereka juga akan selalu terkenang pada perhatian orangtua terhadap kebutuhan mereka, terutama terkait dengan emosional.

3.Rumah tangga yang hangat sangat memengaruhi cara anak memandang cinta dan komitmen

Pertama kali anak menyadari dan memahami cinta adalah lewat komunikasi yang terjalin antara ayah dan ibu mereka. Oleh karena itu, rumah tangga yang hangat sangat memengaruhi cara anak memandang cinta dan komitmen.

Baca Juga : Berbeda Pendapat dengan Nenek Tentang Pola Asuh, Ini yang harus Mama Lakukan!

4. Anak dapat mengingat kalimat positif atau negatif yang diberikan orangtua

Jangan remehkan kemampuan anak untuk menyerap tiap kalimat kritik atau nasehat yang Anda lontarkan pada mereka. Sebab, anak-anak dapat mengingat kalimat positif atau negatif yang diberikan orangtua hingga kelak mereka dewasa.

5. Tradisi keluarga merupakan memori yang akan selalu tinggal dalam benak anak

Anak-anak suka hal yang spontan seperti kejutan, begitupula dengan tradisi keluarga. Ritual dan tradisi beraktivitas bersama merupakan memori yang akan selalu tinggal dalam benak anak hingga mereka dewasa.

Tentunya sebagai orang tua harus memberikan nilai nilai yang positif, jangan memberikan contoh buruk pada anak. Contohnya bila bunda sedang mengalami masalah dengan suami, jangan perlihatkan di depan anak. Menjadi orangtua yang bijak bukan tergantung pada lamanya anda menikah dan mempunyai anak, tapi seberapa dewasa menyikapi masalah yang ada pada keluarga dan bagaimana mengajarkan kebaikan pada anak anak.
SHARE ARTIKEL