Cara Jitu Tanpa alarm, Bangun Sahur Tidak Telat Lagi

Penulis Penulis | Ditayangkan 13 Jun 2016

Cara Jitu Tanpa alarm, Bangun Sahur Tidak Telat Lagi

Minggu-minggu pertama menjalani bulan puasa memang penuh dengan tantangan. Tidak hanya menahan hawa nafsu, rasa lapar, dan haus saat beraktivitas sepanjang hari, tapi juga membiasakan dengan perubahan yang terjadi secara mendadak, seperti harus bangun untuk sahur. di kutip dari merdek.com anda juga bisa bangun tepat waktu untuk sahur tanpa harus menggunakan alarm, dengan melakukan beberapa cara ini.

Membuat Ritme Tidur


Untuk berhenti menggunakan alarm, Anda perlu membuat ritme yang konsisten dari hari ke hari. Sebelum pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, katakan kepada diri sendiri bahwa harus bangun dini hari untuk sahur. Tapi hal ini akan sulit dilakukan jika badan merasa terlalu lelah, misalnya karena aktivitas yang terlalu padat atau kurang jam tidur.

Cari Tahu Kecukupan Tidur


Agar dapat bangun untuk sahur tanpa harus menggunakan alarm, cari tahu terlebih dahulu berapa banyak tidur yang benar-benar dibutuhkan. Kebanyakan orang memerlukan tujuh sampai sembilan jam untuk beristirahat di malam hari. Kemudian hitung mundur ketika Anda harus bangun, untuk mengetahui kapan tepatnya untuk tidur malam.

Baca Juga : Mengapa Disarankan Makan Takjil Saat Berbuka Puasa? Ini Manfaatnya

Lakukan Secara Bertahap


Agar tubuh tidak merasa kaget dengan perubahan yang mendadak, majukan jam tidur secara bertahap, cukup 15 menit lamanya. Transisi yang perlahan memberikan tubhu lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan jadwal baru, dan hal itu akan membuatmu lebih mudah untuk tertidur. Cukup tidur dapat membuatmu bangun secara otomatis saat sahur, dengan tubuh yang terasa lebih segar.

Memulai Ritual Tidur


Satu jam sebelum jam tidur baru, mulailah ritual sebelum tidur untuk mendapatkan istirahat malam yang optimal. Meredupkan lampu, mematikan peralatan elektronik, dan mencoba bersantai dengan mandi air hangat atau melakukan meditasi. Cara ini membuatmu tidur dengan lebih cepat dan meminimalkan hal-hal yang dapat mengganggu tidur Anda.

Kini, tidur Anda bisa lebih tenang dan bangun sahur jadi lebih semangat!
SHARE ARTIKEL