Buang Angin (KENTUT) Saat Shalat, Setelah SALAM PERTAMA, Bagaimana Shalat Saya?

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 15 Jun 2016

Buang Angin (KENTUT) Saat Shalat, Setelah SALAM PERTAMA, Bagaimana Shalat Saya?
Bagaimana shalat kita bila kentut setelah salam pertama
Shalat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim yang sudah akil baliq. Shalat merupakan tiang agama, karena kedudukan shalat begitu penting dalam Islam. Dari 5 syarat rukun islam, shalat menduduki peringkat kedua, setelah mengucapkan dua kalimat syahadat. Begitu pentingya shalat hingga firman Allah untuk shalat ini benar benar tersurat.

Baca Juga : Ada Masjid Jin, Ada Suara Dzikir, tapi Tak Satupun Orang di Dalamnya

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS Al 'Ankabuut:45)

Jelaslah, dalam firman tersebut, muslim yang sempurna shalatnya akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Dan shalat merupakan ibadah yang paling diutamakan oleh Allah.

Karena utamanya shalat, kelak ketika hari akhir tiba, amalan yang pertama kali dihisab adalah shalat. Hal ini dikuatkan dari hadist yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi, yang artinya sebagai berikut,

Baca Juga : Muallaf ini 8 Bulan Hanya Dapat Belajar Al Fatihah, Inilah Kisahnya !

Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana shalatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya.” (HR. Tirmidzi)

Untuk itu tentunya kita harus mengutamakan ibadah shalat. Dan melakukan ibadah shalat ini secara sempurna. Pernahkah anda buang angin saat shalat? Jika pernah jelaslah shalat anda batal.

Namun bagaimana apabila anda buang angin di saat akhir shalat, tapi sebelum salam kedua selesai? Apa harus mengulang shalat dari awal?

Dikutip dari islampos.com, bahwasanya salam kedua dari shalat termasuk sunnah dalam shalat. Sedangkan sunnah dalam shalat hukumnya bila tidak dilakukan tidak mengurangi pahala shalat itu sendiri.

Baca Juga : PERCAYA ATAU TIDAK, Masjid Ini Memiliki Dua Arah Kiblat

Salam pertama di dalam shalat termasuk rukun shalat yang tidak boleh ditinggalkan karena merupakan rukun shalat. Jika seseorang buang angin, misalnya sebelum salam pertama sempurna selesai, maka shalatnya batal. Hal ini berbeda dengan salam kedua. Sebab salam kedua masuk ke kategori sunah-sunah shalat, bukan rukunnya.

Jadi jika tertinggal, maka shalatnya tidaklah batal. Dalam artian kita buang angin setelah salam pertama maka shalat kita telah syah secara rukun.

Semoga bermanfaat dan ibadah kita dibulan ramadhan ini semakin barokah. Diterima segala amal ibadah kita. Dan diampuni segala salah dan dosa kita. Aamiin.
SHARE ARTIKEL