Anak Anda Bersikap Sok Tau, Begini Caranya!

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 17 Jun 2016


Anak Anda Bersikap Sok Tau, Begini Caranya!
Bahaya, tanpa pengawasan

Bagi orang dewasa yang sikapnya sok tau, anda tau sendiri. Individu seperti ini akan dijauhi dan jarang temanya. Bila semenjak kecil sudah terlihat pada anak anda, bakat sok tau ini, ada baiknya anda menyimak hal hal berikut ini.


Tidak hanya ngeyel, balita kadang sangat keras kepala dan seperti ingin menguji kesabaran Anda dengan melakukan yang dilarang atau berdebat tentang sesuatu yang ia tidak ketahui sama sekali. Jika balita Anda seperti itu, ini cara mengatasinya.

Biasanya ciri si kecil yang sok tau adalah ingin mencoba hal baru padahal bisa saja mencelakai dirinya, kekeuh dengan kemauannya, dan banyak bicara.

Baca Juga : Si Kecil Suka Mengambil Mainan Temannya, Bagaimana Ini?

Kemudian bagaimana agar sifat ini tidak terbawa hingga dewasa? Dikutip dari ayahbunda.co.id, menurut Michelle Kennedy dalam buku Last Strategies: Letting Go (2004), mulai usia balita anak biasanya tidak mau dibantu dan terkesan sok tahu.

Tidak perlu marah atau kesal, anggaplah ini sebagai dorongan anak menuju kemandirian. Anda bisa membiarkannya terlebih dahulu. Jika memang ia sudah sampai pada tahap kesulitan, barulah Anda membantunya.

Cukup dengan pengawasan dan beri pengertian, agar tak mematahkan semangatnya. Namun juga janganlah hal ini menjadi kebiasaan.
SHARE ARTIKEL