Buat Bunda yang Sedang Hamil, Inilah Posisi Tidur saat Hamil yang Baik dan Buruk.

Komentar
Pada masa kehamilan, ketika hendak tidur seorang wanita biasanya bergulat untuk menemukan posisi tidur yang nyaman dan enak di spring bed. Namun sangat disayangkan, ternyata posisi tidur yang dicari sangat susah ditemukan. Posisi yang sebelum hamil yang begitu nyaman dirasa, tak lagi memberikan rasa nyaman selama dimasa kehamilan.









Ada banyak hal yang bisa saja membuat seseorang tidaknyaman bagi seorang wanita yang sedang hamil ketika tidur, tetapi ada banyak posisi tidur yang mampu menolongmu untuk memperoleh istirahat yang sangat dibutuhkan di masa kehamilan

Mengapa wanita hamil menjadi tidak nyaman dengan posisi tidur normal ketika tidak hamil? Saat kehamilan, tubuhmu mengalami beraneka perubahan. Mulai dari bentuk hingga hormon. Perubahan ini condong mengganggu kenyamanan tidur kalian saat sedang hamil.

Posisi Tidur terbaik Tatkala Kehamilan?

Bagi sahabat ladies yang sedang hamil, ada baiknya jika kamu pilih posisi tidur yangg cocok serta nyaman biar kamu serta janinmu bisa terjaga dengan baik. Posisi tidur yang baik buat wanita hamil merupakan Tidur posisi miring ke samping atau biasa dinamakan "Sleep on Side (SOS)".

Bagi wanita hamil sangat disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping miring ke sebelah kiri. Tidur menyamping miring ke sebelah kiri mempermudah meningkatkan asupan darah serta jumlah nutrisi yang maksimal ke bayi.

Tambahkan bantal pas di tengah dengan menekuk ke-2 kakimu. Tetapi bila timbul nyeri di punggung atau perut, pindah segera bantal tersebut pas di bawah perutmu.

Bila timbul masalah spesifik seperti nyeri di ulu hati Anda, bersegeralah lakukan konsultasil ke dokter kandungan Anda berkenaan posisi tidur yang diijinkan serta cocok dengan umur kehamilan Anda.

Baca Juga:

Selain posisi SOS di atas, sahabat ladies yang sedang hamil dapat tidur bersandar. Bersandar di bantal yang ditinggikan juga cocok kamu jadikan alternatif supaya tidur kamu lebih nyaman.

Posisi Tidur yang Harus Dihindari Saat Hamil

Ada beberapa posisi yang tak diijinkan bagi seorang wanita hamil yakni tidur berposisi terlentang kala umur kehamilan mencapai 16 pekan. Di umur kehamilan ini, sangat tak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil buat tidur secara terlentang.

Posisi ini bakal menciptakan semua berat rahim tertumpu pada bidang belakang tubuh, vena cava inferior juga usus. Diluar itu tidur dengan posisi terlentang di umur kehamilan 16 pekan bakal meningkatkan resiko terkena penyakit pencernaan, wasir, sakit di pinggang, serta terganggunya saluran pernafasan.

Seiring bertambahnya umur kehamilanmu sahabat Ladies, perutmu akan alami perubahan fisik serta membuat lebih susah untuk Anda berbaring di perut Anda.

Semoga dengan sedikit penjelasan diatas bisa menambah wawasan kita tentang bagaimana posisi
tidur yang baik dan bagaimana posisi yang tidak boleh dilakukan buat ibu yang sedang mengandung janinnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber: cerminan
Top