Selain Ikan, Ternyata 6 Makanan Ini Sangat Ampuh Untuk Membuat Otak Encer, Inilah Daftarnya

Penulis Penulis | Ditayangkan 20 Apr 2016

 Selain Ikan, Ternyata 6 Makanan Ini Sangat Ampuh Untuk Membuat Otak Encer, Inilah Daftarnya

Asam lemak omega-6 memainkan peranan yang penting bagi fungsi otak. Tak hanya itu, asam lemak ini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mengobati kanker.

Menurut WHO, rata-rata asupan omega-6 sekitar 17 mg/hari bagi pria yang berusia 14-50 tahun dan 12m/hari bagi wanita. Seperti yang kamu tahu, ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega-6 yang cukup tinggi.

Tetapi, makanan yang kaya akan omega-6 tak hanya bisa kamu dapatkan dari ikan, Ada beberapa jenis makanan lain yang juga kaya akan omega-6. Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan enam sumber omega-6, selain ikan.

1. Minyak bunga matahari


Satu sendok makan minyak bunga matahari mengandung sekitar 10mg asam lemak omega-6. Tak hanya itu, minyak ini juga kaya akan vitamin E.

2. Minyak kedelai


Mungkin kamu tak asing tentang manfaat kedelai bagi kesehatan. Kedelai dalam bentuk minyak kaya akan omega-6. Sekitar satu sendok makan minyak kedelai mengandung 7,7mg asam lemak omega-3.

3. Kacang kenari


Tak banyak orang yang menyadari bahwa kacang kenari kaya akan kandungan asam lemak omega-6. Sekitar 37,5gr kacang kenari mengandung omega-6 sebesar 9gr.

4. Minyak zaitun


Minyak yang satu ini seolah tak pernah absen dari daftar makanan sehat. Sekitar satu sendok makan minyak zaitun mengandung 1,2gr omega-6.

5. Biji wijen


Mungkin kamu sudah tahu bahwa biji wijen diperkaya dengan zat besi. Tetapi, tak banyak tang tahu bahwa biji wijen kaya akan omega-6. Setiap 37,5gr biji wijen mengandung 5,3gr omega-6.

6. Biji labu


Biji labu yang biasa dijadikan kuaci ini juga kaya akan omega-6. Sekitar 37,5gr biji labu mengandung sekitar 4,8gr omega-6.

Sumber omega-6 dari makanan di atas juga bisa jadi sumber omega-6 bagi kamu yang tak suka mengonsumsi ikan.

Bagaimana, tertarik untuk mengkonsumsinya? Tapi, tak hanya dengan mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan di atas saja, kamu juga perlu banyak belajar dan melatih otakmu agar semakin cerdas.
SHARE ARTIKEL