Waspada! Ada Modus Penipuan Gaya Baru di ATM, Yaitu Dengan Uang Palsu

Komentar
Kejahatan memang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Sudah bukan hal mengagetkan bila kita melihat kejahatan ini terjadi di sekitar kita. Zaman sekarang, antisipasi dan waspada memang perlu. Sulit untuk percaya dengan orang baru, apalagi baru kenal udah butuh pertolongan kita. Salah satunya modus penipuan yang satu ini. Belakangan ini marak lagi modus baru yaitu orang yang meminta tolong untuk transfer sejumlah uang dan menggantinya dengan uang palsu.


Modus penipuan dengan menukar uang palsu.

Modus uang palsu di ATM

Ada modus baru penipuan di lokasi automatic teller mechine (ATM). Namanya "Money laundring via ATM". Memang belum ada laporan masuk ke polisi mengenai penipuan ini. Namun kabar penipuan ini telah menyebar luas melalui situs jejaring sosial, Yahoo Messenger maupun BlackBerry Messenger.

Modus kejahatan ini caranya dengan menukarkan uang palsu yang dimiliki pelaku dengan uang asli yang akan ditransfer korban. Dalam pesan yang tersebar melalui BlackBerry Messenger, maupun situs jejaring sosial lainnya adalah sebagai berikut:

"Hati-hati apabila di ATM tiba-tiba Anda mendengar orang di sebelah Anda, yang juga sedang di depan ATM, teriak "Wah..! Saya salah! mestinya mau transfer ini malah tarik tunai..!"

Anda akan lihat orang itu memegang segepok uang tunai. Setelah itu, dia akan menoleh ke Anda. "Bisa tolong saya? Uang tunai ini silahkan diambil. Tapi tolong saya ditransferkan uang yang saya berikan ini..!"

Well, sudah tau kan kelanjutannya? Kalau Anda mengikuti perminta orang itu, berarti Anda mentransfer uang asli Anda ke rekening dia. Sementara uang yang Anda terima itu adalah uang palsu. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, polisi tengah menyelidiki modus baru ini. Sebab modus ini merupakan cara baru untuk mengedarkan uang palsu.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan tidak mudah percaya dengan siapapun yang baru dikenal. "Ini merupakan modus baru dari sindikat pengedar uang palsu,"

Modus lainnya, dengan membawa uang yang cukup banyak , harus transfer lalu mengaku saldo di rekeningnya kosong dan hanya ada uang cash dan meminta tolong anda untuk mentrasfer uang sebanyak yang mereka bawa. kerekening tujuan. Biasanya mereka beroperasi pada jam jam kantor tutup atau malam (Bank sudah tutup).

Sebarkan berita ini ke keluarga dan temen-temen kamu supaya mereka juga tahu akan modus penipuan baru di sekitar ATM ini. Jangan sampai kamu sendiri dan keluargamu tertipu!. Semoga info berikut bermanfaat untuk anda.

Top