Pernah Melakukan Sujud ? Inilah Nikmat Dan Hikmah Bersujud Dalam Shalat

Penulis Unknown | Ditayangkan 29 Dec 2015
Pernah Melakukan Sujud ? Inilah Nikmat Dan Hikmah Bersujud Dalam Shalat

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat kami adalah orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat kami, mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhan dan mereka tidak menyombongkan diri"(QS. As-Sajadah :15). 

Sujud bukan saja mendekatkan kita dengan Allah, tetapi dari sudut medis pun ada hikmahnya. Antara hikmah sujud menurut keterangan medis adalah: 

Menggerakkan otot bahu, dada, leher, perut, punggung ketika akan sujud. 

Gerakan otot-otot ini menjadi lebih kuat dan elastis, secara otomatis memastikan kelancaran darah. 

Mengurangi kegemukan. 

Otak manusia (organ terpenting) menerima banyak pasokan darah dan oksigen. 

Peringkat sujud paling baik untuk beristirahat dan keseimbangan lingkungan bagian belakang tubuh. 

Selain itu efek sujud yang lama akan menambah kekuatan aliran darah ke otak yang bisa menghindari pusing dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan akal fikiran sekaligus menguatkan mentalitas kita (terutama ketika sujud waktu shalat subuh). 

Kelebihan sujud dalam shalat sesuai kajian ilmu

Pernah Melakukan Sujud ? Inilah Nikmat Dan Hikmah Bersujud Dalam Shalat

Shalat apabila kita mengetahui kelebihan setiap gerakan dalam shalat akan menjadikan shalat yang kita lakukan itu lebih bermakna. 

Dalam satu penelitian ilmiah oleh seorang professor yang kebetulan tidak beragama Islam, dia menyatakan bahwa kondisi sujud bisa menyebabkan aliran darah ke otak secara menyeluruh. Sujud memungkinkan otak bekerja sesuai fitrah yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. 

Dalam penelitian yang sama, dia menyatakan tindakan kita melakukan sebanyak 34 kali sujud bisa meningkatkan daya ingat, menghapus kemungkinan penyakit gila sebelum usia 40 tahun. 

Dari segi medis, efek sujud yang lama akan menambah kekuatan aliran darah ke otak yang bisa menghindari pusing dan migran, menyegarkan otak serta menajamkan akal fikiran sekaligus menguatkan mentalitas seseorang. 

Menurut penelitian, ada beberapa urat saraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki darah sedangkan setiap inchi otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal dan sempurna.

SHARE ARTIKEL