Baru Gajian Tapi Dompet Langsung Kosong? Ikuti Saja Tips Ini

Penulis Unknown | Ditayangkan 14 Dec 2015



Gaji Pertama adalah gaji yang dinantikan oleh seseorang yang baru saja bekerja ataupun memasuki dunia kerja. Biasanya orang yang seperti ini adalah orang yang masih belum mengerti dalam mengkondisikan atau mengelola keuangan agar tidak cepat habis.

Perencanaan Keuangan yang tepat dan bijak harus bisa dikendalikan secara pribadi. Akan ada baiknya jika kamu melakukan sesuatu untuk masa depan, yaitu dengan melakukan investasi. Hal ini sama saja layaknya menabung.

Baru Gajian Tapi Dompet Langsung Kosong? Ikuti Saja Tips Ini

Sisihkan gaji kamu untuk menginvestasikannya, karena kamu akan mendapat jaminan yang lebih menjajikan untuk masa depan yang lebih baik. Kamu dapat meniru Perencana keuangan Andy  Nugroho yang memberikan beberapa tips bagaimana cara mengatur dompet agar penghasilan kita tidak lari percuma.

Dari perincian Andy didapatkan bahwa, dari penghasilan selama sebulan, sebaiknya sebanyak 10 persen uang kita ditempatkan dalam bentuk tabungan dan investasi, 10 persen untuk biaya darurat, 10 persen untuk biaya pendidikan dan pengembangan kemampuan.

Kemudian, menyisihkan 10 persen untuk rekreasi serta lima persen untuk amal. Sementara sisanya, dengan porsi 55 persen dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang sudah termasuk biaya hidup, serta cicilan dan tagihan per bulan. "Besaran tersebut adalah besaran konsep ideal," ujarnya.

Andy melanjutkan, jika ada keinginan untuk membeli rumah dan kendaraan pribadi, sebaiknya besaran porsi tabungan dan investasi diperbesar. Atau, cara lainnya dengan mengukur waktu untuk mengumpulkan dana awal pembelian terlebih dahulu, atau mencari pekerjaan yang lebih besar pendapatannya.

Gunakanlah uangmu dengan bijak, jangan digunakan untuk hal yang tidak perlu, misalnya berfoya-foya. Pikirkanlah masa depan jangan hanya berpikir masa sekarang, karena jika kamu masih berpikir tentang hari ini saja, kamu tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di besok hari, lusa, dan masa yang akan mendatang.

SHARE ARTIKEL