Bangga, Helm Buatan Cikarang Mendunia dan Mampu Sabet Penghargaan di Amerika

Penulis Unknown | Ditayangkan 10 Dec 2015


Seringkali masyarakat beranggapan bahwa produk-produk lokal buatan dalam negeri merupakan barang ‘abal-abal’ atau KW (barang tiruan). Sehingga konsumen Indonesia sendiri lebih memilih membeli produk dari luar negeri yang mereka anggap asli. Tapi, percaya atau tidak, dua helm yang merupakan produk asli buatan Indonesia baru saja mendapat penghargaan di Amerika Serikat.

Helm dengan merek MDS yang dibuat PT Tara Kusuma Indah (TKI) yang pabriknya berlokasi di Cikarang, Bekasi, baru saja mendapat penghargaan dari Walt Disney Company. Hal itu terkait dengan inovasi atau terobosan PT TKI menghadirkan helm dengan gambar tokoh kartun.

Bangga, Helm Buatan Cikarang Mendunia dan Mampu Sabet Penghargaan di Amerika

Selain produsen helm MDS, PT Tara Kusuma Indah (TKI) sendiri merupakan perusahaan pembuat helm dengan beberapa merek lainnya seperti INK, KYT, BMC dan Hiu. Dua helm tipe Sport R3 (MDS) dan tipe Milan (BMC) dianugerahi Best Product Disney Award 2015. Wah, hebat ya.

Menurut Simon Mulyadi, Promotion Manager PT TKI, untuk memenangkan kategori Best Product, persaingan tidak hanya dari segmen helm tetapi berbagai produk lainnya, yang jumlahnya lebih dari 300 produk khususnya di Indonesia.

“Saya tak menyangka bisa mendapatkan penghargaan sebagai Best Product. Terlebih perusahaan kami baru dua tahun mengambil linsensi Disney. Sedangkan ada yang sudah puluhan tahun tak mendapatkan award ini,” ujar Simon.

Bangga, Helm Buatan Cikarang Mendunia dan Mampu Sabet Penghargaan di Amerika

Simon menuturkan, untuk menggunakan lisensi Disney tidaklah mudah karena kualitas tinggi merupakan salah satu syarat. Selain itu, lanjut Simon, para calon pemegang lisensi wajib mempresentasikan company profile, rencana pemasaran dan juga visi misi perusahaannya.

“Memang kami tak main-main dalam membuat produk. Apalagi helm yang menyangkut soal keamanan dan kenyamanan konsumen. Kualitas produk, menjadi hal yang paling kita tekankan,” ujarnya.

Wah, kita tentunya patut berbangga dong dengan prestasi seperti ini. Ternyata produk dalam negeri pun juga mampu bersaing dengan produk asing. Oleh sebab itu, kita sebagai orang Indonesia, harus bangga menggunakan produk dalam negeri. Kalau bukan kita yang memakai produk buatan dalam negeri, lalu siapa lagi?

Sumber : Viva
SHARE ARTIKEL