Siti Khoirumlah, Penjual Nasi Kikil yang Pernah Membohongi Gus Dur

Penulis Unknown | Ditayangkan 07 Aug 2015



Sebuah kenangan akan pengalaman berharga dengan seseorang memang akan sulit dilupakan meski seseorang tersebut telah lama meninggal dunia. Seperti kisah ibu Siti Khoirumlah, seorang penjual Nasi Kikil Cak Man di Jalan Mojosongo Jombang yang mengaku pernah membohongi mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid yang lebih akrab disapa Gus Dur saat beliau masih hidup.
Siti Khoirumlah, Penjual Nasi Kikil yang Pernah Membohongi Gus Dur
KH. Abdur Rahman Wahid (Gus Dur)

Kenangan tersebut hingga kini masih diingat olehnya meski Gus Dur telah sekian tahun wafat. Bagaimana ceritanya seorang penjual nasi kikil bisa membohongi presiden? Simak kisah berikut ini.

Beberapa hari sebelum wafatnya cucu KH. Hasyim Asy’ari yang juga seorang pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) itu, Gus Dur meminta untuk mampir dan makan di warung nasi kikil favoritnya.

"Beliau mampir, tapi saya bilang sudah habis," katanya Siti Khoirumlah, Kamis (6/8/2015).
Padahal, saat itu dagangannya masih banyak. Khoirumlah memang sengaja berbohong atas perintah tim dokter Gus Dur.

"Saat itu Gus Dur memang sakit. Tim dokternya melarang untuk mengonsumsi menu berkolesterol tinggi seperti nasi kikil," kata dia.

Namun, betapa terkejutnya Khoirumlah karena setelah beberapa hari setelah hari itu, ia mendengar kabar bahwa Gus Dur wafat, tepatnya pada 30 Desember 2009. Gus Dur wafat karena penyakit komplikasi jantung, ginjal, dan gula darah saat dirawat di RSCM Jakarta.

"Saya sangat sedih, karena saat itu ternyata beliau terakhir mampir ke sini dan saya tidak bisa melayani beliau dengan baik," kenangnya dengan sedikit rasa penyesalan.

Nasi Kikil Cak Man ini merupakan menu favorit Gus Dur saat beliau pulang ke Jombang. Bahkan, pemilik warung ini memberi tulisan “Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur” di depan warungnya.
Siti Khoirumlah, Penjual Nasi Kikil yang Pernah Membohongi Gus Dur
Warung Nasi Kikil Cak Man, nasi kikil kesukaan Gus Dur

Warung yang berada di sisi jalan raya yang tidak jauh dari makam Gus Dur di kompleks Ponpes Tebuireng Jombang itu selalu menjadi tempat singgah para peziarah makam Gus Dur.

Saat Muktamar ke-33 NU pada 1-5 Agustus kemarin, warung yang sudah puluhan tahun berdiri itu banyak diserbu peserta Muktamar dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika anda sedang berziarah ke makam Gus Dur di Jombang, tak ada salahnya untuk mampir dan mencicipi Nasi Kikil Cak Man yang menjadi menu favorit Gus Dur.


SHARE ARTIKEL