8 Aktivitas yang Penting Dicoba Oleh Anak

Penulis Unknown | Ditayangkan 14 Aug 2015

Dunia anak adalah dunia bermain dan belajar. Wajar bila seorang anak ingin tahu banyak hal, serta mencoba berbagai hal menarik yang belum pernah ia lakukan. Hal-hal tersebut dapat memberikan pengalaman berharga bagi mereka serta sebagai bentuk pembelajaran kepada anak.
8 Aktivitas yang Penting Dicoba Oleh Anak
Anak sedang bermain bola bersama teman-temannya

Oleh sebab itu, para orang tua dianjurkan untuk mendukung aktivitas anak, selama aktivitas tersebut positive dan tidak berbahaya baginya. Berikut ini 8 aktivitas yang penting dicoba oleh anak-anak :

1. NAIK SEPEDA

Bersepeda adalah kegiatan yang menunjukkan tingkat kemampuan anak. Ia mulai dari sepeda roda tiga, kemudian roda empat yang ditarik, lalu belajar mengayuh sepedanya sendiri. Saat ia mampu mengendarai sepeda roda dua, itu pertanda ia sudah memiliki kebebasan menikmati lingkungan sekitar dengan teman seusia. Aktivitas bersepeda juga mampu melatih keseimbangan tubuh anak.

2. HUJAN-HUJANAN

Tumpahan air dari langit kerap mendorong anak ‘melepaskan’ diri dari Anda, berlari ke bawah hujan. Ia merasa ‘sukses’ ketika tubuhnya basah kuyup, sementara Anda khawatir ia akan terkena batuk pilek setelahnya. Biarkan sesekali anak berhujan-hujanan, yang kelak akan menjadi kenangan manis, seperti kita memiliki kenangan tentang hujan.

3. BERKEMAH

Tenda dari selimut yang diletakkan di atas dua kursi yang saling berjauhan saja, sudah cukup membuat anak ketagihan, ingin terus bermain berkemah. Apalagi bila Anda mengajaknya berkemah di bumi perkemahan yang sesungguhnya. Baginya, menginap di alam terbuka, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan tak habis diceritakan kepada teman-temannya.

4. MENJADI ANGGOTA TIM

Anak akan senang bila ia terdaftar sebagai anggota sebuah tim atau regu olahraga yang ia sukai, seperti sepakbola, futsal dan silat. Apalagi bila beberapa temannya juga bergabung di klub yang sama. Ia juga akan bangga memakai kaos bernomor punggung tertentu, bertuliskan namanya, plus nama tim di punggungnya!

5. BERJALAN-JALAN DI DESA

Bayangkan, betapa asyiknya anak main lumpur di sawah, meniti jembatan bambu yang melewati sungai kecil, mendaki bukit, memetik tomat, menyaksikan petani membajak sawah dengan kerbaunya, dan melihat peternakan hewan potong. Maka, ajak anak menyaksikan kehidupan di desa, tempat banyak makanan berasal. Jangan takut baju dan tubuh anak menjadi kotor, karena semua itu bisa dibersihkan setelahnya. Namun, pengalaman  berharga di masa kecil tidak akan bisa terulang lagi.

6. GARAGE SALE

Di hari Minggu atau libur panjang minta anak mengumpulkan mainan dan baju yang sudah tidak ia pakai, dan ajak ia membuat garage sale di depan rumah. Ceritakan pada anak, bagaimana cara menawarkan dan menjual barang-barang tersebut dan ajak anak berbagi hasil penjualan kepada teman-temannya yang kurang beruntung, misalnya anak-anak di panti asuhan atau rumah singgah.

7. BERMAIN LAYANG-LAYANG

Bermain layang-layang adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan nak-anak hampir di berbagai benua, ketika udara hangat dan cerah. Anak tentu akan berjingkrak senang ketika berhasil membantu Anda menaikkan layang-layang, apalagi ketika berhasil memutuskan benang lawan!

8. MAIN BOLA

Menggiring dan menendang bola adalah aktivitas yang sangat disukai anak, hampir di seluruh dunia. Ia akan mendapat ‘bonus’ jika bisa menjebol gawang lawan dengan berjingkrak dan menceritakan kesuksesannya kepada Anda.


8 aktivitas di atas bukan hanya sebuah permainan yang menyenangkan bagi si anak, tapi juga aktivitas yang mampu mendukung tumbuh kembang anak, kreativitas, serta kekuatan fisik anak. Yuk, ajak anak Anda untuk bermain dan belajar dengan melakukan 8 aktivitas yang penting dicoba oleh anak di atas.
SHARE ARTIKEL