Video : Tangisan Manusia di ‘Masa Depan’

Penulis Unknown | Ditayangkan 30 Apr 2015



Sebuah tanyangan video yang berjudul "HEBOH !! SEBUAH SURAT BERHASIL DITEMUKAN DARI TAHUN 2070 (CIMSA @ FK UIN JAKARTA)" ini mampu menghebohkan dunia maya. Video tersebut telah ditonton jutaan netizen.

Video : Tangisan Manusia di ‘Masa Depan’
Tangisan Manusia di ‘Masa Depan’
Video tersebut memang bukan sebuah kenyataan, namun merupakan sebuah renungan agar manusia lebih mencintai alam dan lingkungannya.

Dalam video yang hanya berdurasi 5 menit ini, ditayangkan sebuah refleksi dalam bentuk surat yang berasal dari masa depan. Dalam tayangan tersebut digambarkan betapa mengerikannya kehidupan bumi dan umat manusia di masa depan. Hal ini diakibatkan oleh kerusakan dahsyat yang dibuat oleh manusia yang hidup di jaman sebelumnya.

Salah satu hal yang difokuskan yang diangkat dalam refleksi ini adalah tentang ketersediaan air dan oksigen yang terancam. Hal ini dapat dipastikan akan menjadi sebuah masalah besar di masa depan jika manusia tidak memiliki kesadaran terhadap lingkungannya sejak saat ini.

Pembangunan pemukiman yang mengakibatkan kerusakan hutan, sikap ketidakpedulian terhadap lingkungan dan menjaga, serta memanfaatkan sumber air dengan benar dikuatirkan akan menimbukan masalah besar di masa yang akan datang.

Seperti halnya film berjudul ‘In Time’ yang pernah saya lihat, di mana diceritakan bahwa untuk bisa bertahan hidup lama, manusia harus bekerja untuk mendapatkan ‘waktu’ sebagai imbalannya. Semakin banyak waktu yang dimiliki, maka orang tersebut dianggap sebagai orang yang kaya.

Mungkin kebutuhan air dan oksigen di masa depan sama seperti kebutuhan ‘waktu’ dalam film tersebut. Di mana untuk bisa mendapatkan air yang bersih, manusia harus bekerja terlebih dahulu dan mendapatkan gaji dalam bentuk air bersih.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, air adalah kebutuhan pokok manusia. Untuk bisa hidup sehat, manusia dianjurkan untuk minum 8 gelas sehari. Lalu, bagaimana jika di masa depan susah untuk memperoleh air sebanyak itu?

Kekurangan air bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti ancaman dehidrasi dan timbulnya berbagai penyakit yang berujung pada kematian.

Tidak hanya manusia yang membutuhkan air, hewan dan tumbuhan juga butuh air. Kekurangan air pada tumbuhan bisa menyebabkan kekeringan. Jika banyak tumbuhan yang mati akibat kekeringan, maka akan sulit diperoleh udara bersih yang berasal dari oksigen hasil dari fotosintesis tumbuhan hijau.

Sehingga menyebabkan manusia harus membayar mahal untuk memperoleh udara bersih untuk bernafas. Sudah tahu kan berapa biaya untukbernafas dalam satu hari? Sungguh sangat mengerikan hidup di jaman itu jika hal ini benar-benar terjadi. Di mana dunia akan semakin kotor, minimnya hutan, serta kontaminasi berbagai zat kimia yang bisa mengotori udara. Dan semua itu adalah akibat dari perbuatan manusia di masa lalu.

Lihat, resapi dan renungkan tayangan dalam video berikut :

Sebuah refleksi sederhana yang mampu menggugah akal sehat, nurani, dan kesadaran manusia untuk menjaga dan mencintai alam.

Video : Tangisan Manusia di ‘Masa Depan’
Tangisan Manusia di ‘Masa Depan’
Sobat wajibbaca.com tak mau kan bumi kita menjadi seperti itu di masa mendatang? Kasihan anak cucu kita yang hidup di masa itu dan harus merasakan hidup yang serba sulit akibat kesulitan memperoleh air dan udara bersih. Yuk, kita selamatkan bumi mulai sekarang dari hal yang paling kecil demi keselamatan hidup anak cucu kita di masa mendatang.


SHARE ARTIKEL