Langka dan Satu-satunya, Badak Ini Miliki Bodyguard Pribadi

Penulis Unknown | Ditayangkan 15 Apr 2015

Bodyguard pribadi biasanya dimiliki oleh orang-orang terkenal dan kaya untuk mengawal dan melindungi dirinya dari hal-hal yang berbahaya. Namun, berbeda dengan yang satu ini. Seekor badak juga memiliki bodyguard pribadi lho…
Langka dan Satu-satunya, Badak Ini Miliki Bodyguard Pribadi
Langka dan Satu-satunya, Badak Ini Miliki Bodyguard Pribadi

Badak bernama Sudan ini mendapat pengawasan ketat selama 24 jam. Dia selalu didampingi oleh tiga hingga empat tentara dengan bersenjatakan senapan laras panjang. Sudan tidak memiliki banyak uang, dia bukan artis, bukan presiden, dan juga bukan teroris. Tapi, badak berusia 40 tahun ini merupakan badak langka dan satu-satunya spesies jantan yang masih hidup.

Sudan merupakan Badak Putih Utara atau Northern White Rhinocheros yang langka. Jika ia mati, maka bisa dipastikan spesies ini akan punah selamanya. Oleh karena itu, badak ini mendapat perlindungan yang ketat selama 24 jam karena dikhawatirkan akan jadi buruan para pemburu liar.

Untuk melestarikan badak jenis ini, tergantung dari Sudan dan dua Badak Putih Utara betina yang berada di pusat konservasi badak OI Pejeta di Kenya. Oleh karena itu, kemanapun dan apapun yang dilakukan oleh Sudan akan selalu diawasi oleh bodyguard pribadinya.

Pusat konservasi badak OI Pejeta merupakan satu-satunya harapan agar spesies Badak Putih Utara tidak punah. Selain Badak Putih Utara, ada spesies lain dari Badak Putih, yaitu Badak Putih Selatan. Namun, untuk Badak Putih Selatan, populasinya masih cukup banyak, hingga tahun 2008 tercatat sekitar 17.000 ekor dan bisa dibilang tidak terlalu langka.
Langka dan Satu-satunya, Badak Ini Miliki Bodyguard Pribadi
Langka dan Satu-satunya, Badak Ini Miliki Bodyguard Pribadi

Untuk melindungi spesies Badak Putih Utara, pihak konservasi terpaksa mengambil cula Sudan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi minat pemburu liar. Karena satu-satunya alasan melakukan perburuan badak adalah untuk mengambil culanya yang bisa dijual dengan harga mahal. Dengan mengambil cula Sudan, ini akan membuat Sudan lebih aman dari perburuan liar.

Selain dijaga oleh bodyguard pribadi bersenjata, OI Pejeta juga melindungi Sudan dengan radio pemancar.

Wow, keren juga ya badak Sudan ini sobat wajibbaca.com. Tapi, semoga upaya konservasi untuk melestarikan spesies Badak Putih Utara ini bisa berhasil, sehingga spesies ini tidak punah. Kasihan kan anak cucu kita nanti kalau mereka hanya mengenal spesies-spesies langka hanya dalam buku sejarah, tanpa bisa melihatnya secara langsung. Oleh karena itu, STOP perburuan liar. Sayangi hutan dan satwa demi kelestariannya.
SHARE ARTIKEL